Kamis, 29 April 2010

Morfologi Dasar (I) Morfologi adalah bagian dari ilmu linguistik yang mempelajari bentuk bentuk kata dan perubahannya karena tuntutan makna. Dalam bahasa Arab morfologi dikenal dengan ilmu Shorof. Dan merubah suatu kata menjadi beberapa derivatnya disebut Tashrif. Ada dua jenis tashrif yaitu ishtilahiy (formatnya mendatar) dan lughowiy(formatnya menurun). Tashrif Ishthilahiy biasanya mengubah satu kata menjdi 9 bentuk yang merupakan derivatnya, yaitu (berikut contohnya): 1. Kata kerja bentuk lampau (telah menolong) 2. Kata kerja bentuk sekarang(sedang menolong) 3. Mashdar (Gerund)(pertolongan) 4. Kata benda yang melakukan pekerjaan (penolong) 5. Kata benda yang dikenai pekerjaan (yang ditolong) 6. Kata kerja untuk melarang pekerjaan (janganlah menolong) 7. Kata benda yg menunjukkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan (waktu menolong) 8. Kata benda yang menunjukkan tempat (tempat menolong) mengerjakan pekerjaan 9. Kata benda yg menunjukkan alat untuk mengerjakan pekerjaan (alat untuk menolong) Dari 9 bentuk tashrif di atas, 4 kata kerja dan 5 kata benda. Agar praktis ke 4 kata kerja akan diurutkan menjadi : kata kerja (selanjutnya disingkat kk)1 kk2, kk3 dan kk4. Pada bagian ini kita akan berlatih mentashrif kata kerja bhs arab yang bersuku kata (hurufnya)3. Bab 1 ( A-U ) ( A-U ) maksudnya : A =suku kata kedua pada kk1 harakatnya fathah (vokalnya A), U = suku kata kedua pada kk2, kk3 dan kk4 harakatnya dommah (vokalnya U). Bentuk tashrif, contoh: kA-tA-bA "menulis" kk1: kA-tA-bA kk2: yAk-tU-bU kk3: uk-tUb kk4: lA- tAk-tUb Coba tashriflah kata kata berikut ini : nA-shA-rA "menolong" sA-JA-dA "bersujud" nA-dzA-rA "melihat"

Cara mudah baca tulisan Arab gundul

Keluhan tentang kesulitan membaca tulisan arab gundul bukan hanya dikemukakan oleh masyarakat awan. Seorang teman yang tengah menyelelesaikan S2 di UIN mengeluhkan hal yang sama. Katanya, hanya satu dua mahasiswa yang dapat nilai B. "Saya sendiri dapat nilai C min" seloroh temanya.
Tulisan Arab gundul yang dimaksud adalah tulisan Arab yang tidak dibubuhi syakal atau harakat. Jika kita melihat kembali sistem fonetik Arab, maka kita akan mengenal huruf atau abjad arab (dari alif sampai ya) dan harkat fathah (a), kasroh(i), dlommah(u), dan sukun(vokal mati). Jika dibandingkan dengan sistem fonetik bahasa indonesia, analoginya sebagai berikut: huruf arab sama dengan konsonan sedangkan harakat sama dengan vokal. Jadi kata kata dalam bahasa Arab hanya ditulis konsonannya saja. Contoh kata meja (maktab atau maktabun) cukup ditulis MKTB. Inilah yang dimaksud dengan tulisan arab gundul. Pada dasarnya kebanyakan teks berbahasa Arab hanya ditulis konsnannya saja alias gundul sedangkan vokalnya ditulis.
Bagaimana cara mudah membaca tulisan arab gundul?
Berikut ini kiat kiatnya:
1. Menguasai dengan baik pengucapan huruf hijaiyyah.
2. Menguasai dasar dasar morfologi bhs arab
3. Menguasai dasar dasar sintaksis bahasa Arab.
Dengan menguasai ketiga kemampuan dasar di atas, insya Allah mudah membaca teks arab gundul misalnya surat kabar. majalah, surat, buku buku teks termasuk kitab kuning, sms, email, iklan, rambu rambu dan sebagainya.

Selasa, 27 April 2010

Study Tour Kelas XI SMAN Sukahaji

Hari ini Senin, 26 April 2010 pukul 21 wlb.rombongan study tour SMAN Sukahaji bertolak dari kampus hijau menuju Semarang dan Jogyakarta. Bismillahi tawakkaltu ala Allahi. La hawla wala quwwata illa billahil aliyyil adzim. Bismillahi majreha wa mursaha. Semoga rombongan selamat selama di perjalanan, melaksanakan study dengan lancar, menikmati tour dengan enjoy, tetap melaksanakan ibadah dengan konsisten, memetik hikmah dari study tour, dan kembali ke Majalengka dengan selamat dan sejahtera serta membawa semangat dan motivasi untuk mengejar kemajuan. Amin.

Lomba pidato bahasa Arab

Dalam rangka memeriahkan hari jadi SMA Negeri 1 Sukahaji ke 14 yang jatuh pda tanggal 10 Mei 2010 akan digelar berbagai kegiatan. Salah satunya lomba pidato bahasa Arab. Kegiatan ini akan dilaksanakan pda hari Kamis dan Jumat 6 dan 7 Mei yg akan datang. Adapun ketentuan lomba sbb. :
1.Tema pidato : Dengan menejmen waktu kita tingkatkan prestasi belajar.
2. Kriteria penilaian :
a. Kesesuaian tema
b. Pelafalan (artikulasi dan intonasi)
c. Penampilan.
3. Koordinator dan Dewan Juri :
Drs. Mahfudz
Drs. Hidayat
Maspupah. S.Pd
Eah, S.Pd.

Rabu, 07 April 2010

Model UAS Praktek Pelajaran Bahasa Arab

Besok UAS Praktek bahasa Arab di SMA Sukahaji akan dimulai. Selama empat hari sebelumnya saya berdiskusi dengan teman guru bahasa Inggris dan membuat persiapan. Jadi model tes bukan gagasan murni penulis dan bukan menjiplak mentah mentah model yg. sudah dilaksanakan teman. Saya melakukan modifikasi sesuai dengan pendekatan pengajaran bahasa Arab dan pelaksanaan pengajaranya di SMAN1 Sukahaji. Selengkapnya dapat dibaca di postingan sebelumya.

PETUNJUK UAS PRAKTEK BAHASA ARAB SMA NEGERI I SUKAHAJI

Petunjuk Uas Praktek Bahasa Arab Sma

SOAL UAS BAHASA ARAB 2009/2010 SMA NEGERI 1 SUKAHAJI

Uas Tulis Bahasa Arab Sma 20092010